Monday, September 16th, 2019

Danrem 061/SK : Peluncuran Rumah Pengering Suryakancana Untuk Petani

Published on September 6, 2019 by   ·   No Comments

Centerpoint, Panen dimusim hujan kadang berdampak kurang baik bagi para petani, akibatnya gabah perlu dikeringkan lebih lama dan gabah pun dapat cepat rusak sehingga menghasilkan beras dengan kualitas yang jauh lebih rendah dan lebih murah, oleh karena itu untuk meminimalisir ruginya para petani maka Danrem 061/SK bersama dengan PT.Agricon Sentra Agribisnis (ASABI) Kamis, (05/09/2019) meluncurkan produk inovasi terbaru karya anak bangsa yaitu ” Rumah Pengering Suryakancana ” Solusi untuk para petani pada saat proses pengeringan padi.

Menurut Danrem 061/SK Kolonel inf Novy Helmy Prasetya, selama ini khususnya dimusim hujan para petani sering terkendala proses pengeringannya, maka dengan adanya rumah Pengering Suryakancana ini diharapkan bisa membantu para petani mengatasi kwalitas dan kuantitas hasil pertanian.

Wadah atau rumah yang memanfaatkan tenaga matahari atau Pengering UV ( Dryer UV ) penggunaannya tentunya untuk menghasilkan panas yang mampu mengeringkan biji-bijian misalnya gabah, kopi, jagung dll. ” Proses pengeringan bisa lebih cepat, sekitar 2 sampai 3 hari saja, selain itu kualitas komoditas Pangan pun dapat terjaga. Dan benefit lainnya yang dimiliki oleh rumah pengering ini diantaranya ramah lingkungan karena tanpa menggunakan bahan bakar dan listrik, jadi lebih ekonomis dryer dan konvensional, serta mudah dalam pemeliharaannya dan tahan lama.” Ungkapnya.

Dilihat dari disain rumah pengering Suryakancana ini memang berbeda dengan yang lainnya, menurut Danrem lagi bahwa rumah pengering Suryakancana ini memang berbeda, rumah ini memiliki desain aerodinamis, yang tidak memiliki banyak bagian siku yang dapat mengoptimalkan proses airasi, Selain itu ukurannya yang 8 m x 20m x 5,2m Mampu menampung 5 mt gabah dan tidak mudah rusak karena tahan atas terpaan angin 120km/jam.

” Kadar air pada gabah kering panen (GKP) adalah sekitar 35%, oleh karena itu harus segera dikeringkan hingga 14% MC utk mendapatkan kualitas terbaik, nah rumah pengering Suryakancana inilah solusinya untuk menjaga kwalitas pangan.” Jelasnya.

Nama Surya Kencana sendiri diambil karena selain menjadi nama Korem 061/SK juga sesuai dengan fungsi dan manfaat yang dihasilkan. Surya yang artinya matahari dan Kancana yang artinya kereta yang berarti sebuah rumah atau wadah yang menggunakan tenaga matahari dalam penggunaannya.(Hera)

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

MG_2647-800x445

Arsip

Kategori