Sunday, December 16th, 2018

TMMD 102 Kodim 0621/Kab. Bogor Wujudkan Harapan Warga Kampung Cijantur.

Published on August 9, 2018 by   ·   No Comments

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 0621/Kab. Bogor tahun 2018 di Kampung Cijantur, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, resmi ditutup. Penutupan kegiatan dilakukan di lapangan sepak bola Luihalang Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Rabu (08/8/18).

Kegiatan Satgas TMMD ini telah dilakukan selama 30 hari dimulai dari tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 dengan sasaran pengerjaan fisik dan non fisik yang dilakukan dengan aman dan lancar sesuai arahan dari Pimpinan.

“Manfaat terbesar dari TMMD 102 yaitu terbukanya akses jalan yang dulunya tidak bisa masuk mobil sekarang bisa dilalui. Hal ini, tentunya berdampak pada aktifitas masyarakat. Seperti hasil-hasil bumi yang selama ini, dibawa keluar dengan ongkos yang mahal, sekarang lebih murah. Jalan ini, sudah dinanti-nantikan warga selama hampir 7 tahun. Sekarang baru terealisasi,” terang Kadislog Lanud ATS Kol (Tek) Amin Raharjo selaku irup dalam upacara penutupan TMMD.

Kadislog juga menyampaikan hasil pengerjaan Satgas TMMD yaitu pembangunan fisik jalan sepanjang 3,7 Km, pengerasan jalan 4 meter, pelebaran bahu jalan 7 meter, pemasangan gorong-gorong di tiga titik, renovasi rutilahu 3 unit plus tambahan dua rumah, pembuatan musala dan poskamling satu unit dan semuanya sudah rampung 100 persen dalam pengerjaannya.

Selain kegiatan fisik, sambungnya, TMMD juga menyasar pada kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pelayanan KB, pendidikan, agama, penyuluhan tentang bahaya narkoba, Kamtibmas, dan pertanian.

“Kegiatan non fisik bertujuan agar masyarakat mampu mengembangkan potensi wilayahnya dengan bekal penyuluhan yang telah diberikan. Di samping itu, wawasan kebangsaan diberikan untuk memperkokoh jiwa dan semangat bela negara sehingga masyarakat terhindar dari ancaman seperti bahaya narkoba, terorisme, bahaya dari kelompok radikal dan anti pancasila,” jelasnya.

Kadislog menggaris bawahi bahwa keberhasilan program TMMD ini, adalah adanya Sinergitas dari seluruh komponen masyarakat yakni TNI, Polri, Pemda dan masyarakat itu sendiri. Kebersamaan dan sinergitas ini, perlu dilanjutkan untuk menghadapai tantangan dan permasalahan kebangsaan yang semakin komplek kedepannya.

Masih kata Kadislog, program TMMD ini, sangat dirasakan manfaatnya bagi daerah-daerah yang tertinggal. Karena itu, kegiatan TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun, dengan harapan agar proses pembangunan di daerah-daerah tertinggal dapat segera tercapai. Program TMMD ini, adalah wujud nyata kepedulian serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dan bentuk peran aktif TNI dalam rangka ikut serta mensukseskan pembangunan terutama di daerah terisolir.
Hadir dalam kegiatan ini Kasrem 061/Sk mewakili Danrem 061/Sk yang sedang melaksanakan pengamanan Presiden RI, Kol Inf Ade dari Kemhan, Dan/Kabalak Aku Korem 061/Sk, Kasipers Korem 061/Sk, Kasdim jajaran Korem 061/Sk, para Danramil, Kadis BPMD Pemda Kabupaten Bogor dan Kepala SKPD Pemda.
“Berkat kemanunggalan TNI dan rakyat dalam melaksanakan TMMD, Kp. Cijantur yang dulunya terisolir kini menjadi lebih terbuka. Saya berharap TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata namun juga mampu membangun karakter bangsa. Selalu lakukan evaluasi dan berbenah diri dalam program ini, untuk menunjang kegiatan TMMD yang akan datang,” pangkas Kadislog. (Penrem 061/Sk).

Hera/Red

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

IMG-20170402-WA0036

Arsip

Kategori