Monday, May 21st, 2018

Serda Alvin Sisky : kami akan jadikan murid murid SD YPPK ST AGUSTINUS lebih baik lagi.

Published on May 9, 2018 by   ·   No Comments

Kotis Kaliwanggo – SD YPPK ST AGUSTINUS adalah salah satu sekolah yang terletak di Kampung Erambu, Distrik Sota Kabupaten Merauke. di mana seluruh murid yang mengikuti belajar mengajar disekolah tersebut berasal dari 2 kampung, yaitu Kampung Erambu dan Toray. Namun sangat disayangkan sekolah tersebut masih sangat kekurangan tenaga pengajar, mereka membutuhkan guru lebih banyak lagi untuk mendidik mereka, untungnya Personel Satgas Pamtas Yonif 315/Grd yang berada di Pos Kotis Kaliwanggo dengan sukarela ikut membantu mengajar disekolah tersebut.

Satgas Pamtas Yonif 315/Grd, selain melaksanakan tugas pokok mengamankan perbatasan, merekapun melaksanakan tugas lainnya yaitu sebagai guru bantu bagi sekolah-sekolah yang kekurangan tenaga pengajar di wilayah yang menjadi tanggung masing-masing Pos.

“Kami dari Satgas Yonif/Grd akan berupaya mengerahkan personel yang memiliki kemampuan di bidang pendidikan untuk menjadi tenaga pengajar. Menjadi guru bantu ini sebenarnya sudah kami siapkan sejak masih di satuan, kami dibekali dengan penataran-penataran dari Dinas Pendidikan maupun dari yayasan pendidikan pada saat penyiapan sampai dengan mendapatkan sertifikat mengajar dari dinas Pendidikan Kota Bogor namun karena adanya beberapa tugas secara bersamaan, pelaksanaan di lapangan kami lakukan secara bergantian”.

Tugas Anggota Satgas Pamtas Yonif 315/Grd di SD tersebut adalah memberikan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan PBB (Baris-Berbaris), mereka menjadi guru bantu disekolah tersebut dan bertanggung jawab dalam memberikan pelajaran yang telah ditentukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. “Awalnya para siswa-siswi ini canggung dan terkesan malu-malu waktu pertama kali kami datang memberikan pelajaran, namun seiring berjalannya waktu dan kami kasih pengertian, mereka mengikuti pelajaran dengan antusias dan penuh semangat”, Tutur Serda Alvin Sisky Danru-1 Waltis.

Serda Alvin Sisky mennambahkan bahwa masih ada siswa-siswi yang berprilaku acuh, tidak memperhatikan pelajaran, kadang ada yang terlihat ngobrol sendiri, ada juga yang justru sebaliknya lebih suka  ngobrol dengan temannya, bahkan masih banyak dari mereka yang tidak mengikuti kegiatan sekolah hanya karena ikut berburu dengan orang tuanya di hutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga mereka menyampingkan kegiatan sekolah. padahal pendidikan itu sangat penting bagi mereka, tapi itulah yang menjadi tantangan untuk bisa dirubah menjadi lebih baik. “Sebagai tenaga guru bantu, kami akan berupaya menjadikan para siswa-siswi ini menjadi yang terbaik, memang banyak kekurangan dan keterbatasan, namun dengan semangat serta kemauan, kami pasti bisa”. Tegas Serda Alvin Sisky dengan semangat.

“Tanggung jawab dalam meningkatkan mutu atau kulitas pendidikan terhadap anak-anak kita yang ada di sepanjang perbatasan bukan hanya pada negara dan pemerintah, tetapi kita semua ikut bertanggung jawab. Ini penting karena masa depan bangsa dan negara khususnya yang tinggal di perbatasan ada di pundak mereka” .

Pelajaran yang di berikan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 315/Grd  di SD YPPK ST AGUSTINUS Erambu, nampak tidak hanya diikuti oleh 142 orang murid saja, namun para guru pun turut memperhatikan cara mangajar para prajurit TNI, karena materi pembelajaran yang diberikan oleh anggota TNI ini  sedikit berbeda, sehingga para murid tetap senang dan dapat menerima pelajaran dengan mudah.

“Kami sampaikan terima kasih kepada TNI, atas peran aktifnya dalam kegiatan mencerdaskan anak-anak sekolah yang ada diperbasatan. Anak-anak sangat senang karena kesempatan seperti sakarang ini sangat jarang terjadi,” ungkap Kepala Sekolah di SD YPPK ST AGUSTINUS Ibu Theresia Rahanteen, A.Ma, Pd.

Hera/Red.

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

f5ee1c57-7e60-43e4-8983-4b2224d7b7cc

Arsip

Kategori