Monday, November 19th, 2018

Forum Alumni Siswa Pencinta Alam (FASTA) DKI Jakarta bertemu dengan Anis Baswedan.

Published on April 18, 2018 by   ·   No Comments

Forum Alumni Siswa Pencinta Alam (FASTA) DKI Jakarta Jum’at (13/4/2018) melakukan dialog dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pertemuan tersebut adalah untuk Menindaklanjuti Rapat Akbar Siswa Pencinta Alam (SISPALA) se-DKI Jakarta di Kawasan Tebet Timur pada hari Jumat (26/1/2018) lalu.

Pembahasan dalam pertemuan kali itu antara lain meminta Gubernur untuk meninjau kembali Pergub Nomor 179 tahun 2015 tentang kegiatan ekstrakulikuler, dimana dalam pergub tersebut terdapat beberapa point yang dinilai tidak sesuai dengan ruang lingkup kegiatan pencinta alam, antara lain pada pasal 11. Pada pasal 31 ayat (1) pun membatasi hanya kegiatan berupa lomba, festival, pertandingan, kejuaraan dan/atau olimpiade yang diizinkan berkegiatan di luar lingkungan sekolah. Oleh karena itu maka Atas dasar hal hal tersebut FASTA meminta Gubernur untuk dapat merevisinya.

FASTA pun memberikan solusi dengan menyusun Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Kegiatan Kepencintaalaman tingkat SMA/sederajat yang berisikan antara lain Program-Program Pengembangan Sumberdaya Manusia SISPALA,  format tata kelola organisasi SISPALA, Standar Prosedur Operasional Kegiatan SISPALA dan Silabus Kurikulum SISPALA. dan semua itu telah disusun dalam sebuah Draft sehingga dapat diadopsi menjadi acuan organisasi dan kegiatan SISPALA di DKI Jakarta.

Draft tersebut dinilai dapat menjadi solusi untuk menekan risiko kecelakaan dalam berkegiatan alam bebas bagi SISPALA dan juga menghilangkan budaya Bullying yang pernah marak di dunia pendidikan. Harapan dari FASTA agar nantinya organisasi SISPALA menjadi tempat atau wadah pendidikan yang berbentuk organisasi yang mempuni dalam hal kepencinta alaman, penanggulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup yang sejalan dengan teori-teori kurikulum pendidikan dibidang sosial, biologi, geografi dan ilmu pengetahuan alam.

SISPALA akan merencanakan untuk mengagendakan Seminar “Pendidikan Kepencinta alaman Sebagai Media Membangun Karakter siswa”. Seminar ini pun diharapkan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. langkah itu dibentuk Sebagai langkah awal peran FASTA dalam pendampingan dan monitoring organisasi.

RIKA/HERA/RED.

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

IMG-20170402-WA0036

Arsip

Kategori