Thursday, July 19th, 2018

Biro Kominfo Lembaga Tatar Sunda dan ketua umum menghadiri seminar tentang Kelompok Informasi Masyarakat, yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Published on February 23, 2018 by   ·   No Comments

seminar kominfo

Rabu 21/2/2018 Biro Kominfo Lembaga Tatar Sunda menghadiri seminar tentang Kelompok Informasi Masyarakat, yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Sebagai Pembicara acara tersebut adalah bapak Sarjono dan ibu Manik.

Pada kesempatan itu sarjono sebagai pembicara, mengambil tema “ Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ).

Isi dari tema itu antara lain, tentang Landasn Hukum, Instruksi Presiden RI No.9 tahun 2015, Pentingnya KIM, Definisi KIM, bentuk KIM, Peran KIM, Metode dan tahapan Pengembangan KIM, Aktivitas KIM, Tahap Pengembangan KIM, Prinsip, Pola Pengembangan dan Pemberdayaan KIM, Sasaran, Metode Pengembangan KIM Berdasarkan Tahap Pengembangan KIM, Metode dan tahapan Pengembangan KIM membutuhkan koordinasi, Ruang Lingkup Pemberdayaan KIM, Aspek Pemberdayaan, Pendekatan Pemberdayaan KIM, Pola Penyelenggara Pengembangan dan Pemberdayaan KIM, dan Model KIM yang diharapkan.

seminar kominfo2

Sedangkan Manik dalam kesempatan kali itu membawa tema Membangun Masyarakat Informasi berbasis KIM. Yang isi dari pembicaraannya mengenai tentang Kondisi dan Problematika Informasi dan Komunikasi, lalu mengenai Landasan KIM, Pembentukan KIM, Payung Hukum KIM, Fungsi KIM, Aktivitas KIM, Sifat KIM, Pemanfaatan TIK, dan Proses Penyebaran Informasi.

Namun Pada intinya seminar kali itu menjelaskan agar rakyat Indonesia berhati hati dalam penyebaran berita dan dalam penggunaan media sosial. Walaupun setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. seperti yang tertuang dalam Amandemen UUD 1945 pasal 28F.

Acara yang diselenggarakan digedung Kominfo Cibinong ini, dihadiri oleh Kelompok Informasi Masyarakat yang sudah terbentuk disetiap kecamatan.

Sedangkan Biro Kominfo Lembaga Tatar Sunda, selain dihadiri para pengurus Kominfo, Pers dan Pengurus DPP, juga dihadiri langsung oleh Ketum LTS yaitu abah Gumay.

Bahkan dalam kesempatan itu Gumay sempat angkat bicara memberikan saran sumbangsihnya, salah satunya mengenai pengembangan media informasi khusus wilayah Bogor. Dan ide saran dari abah Gumay itu ternyata mendapat apresiasi dan perhatian khusus dari pihak penyelenggara dan nara sumber.

Bahkan dalam sesi tanya jawab dengan nara sumber itu, abah Gumay mendapatkan aplaus yang cukup meriah.

Pengurus Lembaga Tatar Sunda yang hadir saat itu adalah, Edy umseki, abi Zaenal, chaerul, Hera, Syam abdurohman, Firdaus, Iting suwito dan lainnya.

Hera/Red.

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

IMG-20170402-WA0036

Arsip

Kategori