Friday, August 17th, 2018

Gempa bumi Lebak Banten berdampak kerusakan sampai Bogor

Published on January 24, 2018 by   ·   No Comments
gmpa banten
Selasa  23-Jan-18 pukul 13:34:50 WIB Telah Terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6.1 SR, pusat gempa berada di 81 km Barat Daya LEBAK-BANTEN,  Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI (Event ini sudah direview oleh seismologist.
Gempa dengan 6,1 skala richter (SR) mengguncang Banten, DKI Jakarta dan sebagian wilayah Jawa Barat.
Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),  gempa bumi kemarin  diperkirakan berasosiasi dengan terusan sesar Cimandiri ke arah Teluk Pelabuhan Ratu.
Analisis PVMBG itu berdasarkan data lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, serta mekanis fokal sesar oblique (sesar mendatar menganan dengan komponen naik), dengan arah gerak barat daya-timur laut.Dalam penjelasannya PVMBG juga mengatakankan analisis akibat dari   getaran gempa bisa terasa kuat di kawasan Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, dikarenakan berdasarkan tatanan tektonik, kawasan selatan Jawa dipengaruhi oleh zona tunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, sehingga memberikan kontribusi tektonik di laut maupun di daratan pulau Jawa.gemp bantn

 Dan dikabarkan pula dampak dari gempa yang diakibatkan oleh pergeseran lempeng bumi itu  sampai ke wilayah Bogor, yaitu kerusakan beberapa rumah warga di Kabupaten Bogor rusak parah. Lokasi rumah warga yang rusak itu berada di desa Citalahap, Kabupaten Bogor.
untuk merelokasi kondisi keadaan itu, warga dibantu para Prajurit Kopassus yang memang  secara kebetulan pada saat itu mereka tengah melaksanakan latihan di Gunung Botol wilayah 1 Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Banten, membersihkan puing-puing  reruntuhan rumah.
Menurut Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial, Margowiyono, bahwa ia  masih update informasi di Bogor dan Lebak, dan sedang mendata korban yang terluka.
Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, yang dikumpulkan oleh PVMBG, getaran kuat akibat gempa bumi ini dirasakan hingga di Bandung, Lembang, Jakarta dan Cibinong. Di kota-kota tersebut goncangan gempabumi terasa mengayun panjang sebanyak 2-3 kali.PVMBG mengimbau masyarakat mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat sekaligus tak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa ataupun tsunami. Masyarakat tetap perlu waspada dengan kejadian gempa susulan.

Baron/Hera/Red

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

IMG-20170402-WA0036

Arsip

Kategori