Monday, June 25th, 2018

Abah Gumay kendalikan media dari bawah pohon dari atas gunung

Published on January 28, 2018 by   ·   No Comments

abah5

Bogor – Orang tidak akan menyangka Ceo Centerpoint group ini pemilik dari puluhan media, baik cetak, online maupun era digital.

Pria kelahiran palembang 18 oktober 35 tahun silam ini yang lebih sering dipanggil Abah Gumay lebih banyak aktivitas dilakukannya di alam bebas seperti mendaki gunung, offroad atau kegiatan seni budaya lain seperti pencak silat dan sebagainya.

abah gumay

Layak rasanya jika gumay disebut Raja Media Online, selain memiliki banyak media yang bisa di searching di Google, nama Abah Gumay tidak terlalu sulit dicari, karena banyak media yang bekerja sama dan menempatkan beliau sebagai pimpinan umum, penasehat hingga pemimpin redaksi baik media cetak, online maupun media era digital.

” InsyahAllah kami sedang merancang TV Lokal berbentuk Streaming, untuk promosi seni budaya dan kepentingan masyarakat Jawa Barat, karena aktivitas Lembaga tatar Sunda dan FKM2Polri sudah padat, yang mengharuskan kami memiliki Televisi sendiri, chanel sendiri, sehingga semua aktivitas kami bisa sampai ke masyarakat. kedepannya seluruh  media kami akan bekerja sama dengan pemerintah sebagai wahana sosialisasi satu pintu, cukup kontrak dengan Centerpoint maka semua media kami ini akan mensosialisasikan semua program pemerintah, misalnya masalah Narkoba, BPJS Kesehatan, Pendidikan, kependudukan dan sebagainya”.
abah20
Dalam kesempatan yang sama Abah Gumay mengatakan bahwa peran media sangat penting, dimana memang jurnalis sangat dibutuhkan peran keahliannya, untuk menjadi penghubung kebijakan pemerintah dari hulu ke hilir, dan selain itu pula  media juga dapat dijadikan sebagai intelijen nya, yaitu sebagai mata dan  telinga untuk bangsa ini. ketika ada yang mencoba merusak bangsa ini meracuni anak muda generasi penerus misal dengan Narkoba, paham radikalisme dan sebagainya kami juga tidak segan mengungkap bersama  Aparat. namun ketika ada hak nya masyarakat yang dihalangi, di batasi atau masyarakat tidak memperoleh hak dari kebijakan pemerintah maka media kami pun tidak akan tinggal diam, kami akan membantu masyarakat untuk mendapatkan hak nya, tentunya yang sesuai dengan prosedur. intinya media kami akan membantu pemerintah dan masyarakat.
abah gumay2
Aktivitas sosial yang dilakukan abah Gumay beserta pengurus dan para anggota Centerpoint, tentunya tidak hanya sekedar mengajar pelatihan atau berkutat dimedia saja.

Saat ditemui di padepokan Satria Tatar Sunda Tenjolaya di gunung salak, Abah gumay yang juga ketua umum Lembaga Tatar Sunda,  menjelaskan kepada awak media, bahwa para pesilat dan perguruan perguruan yang bergabung dibawah Lembaga Tatar Sunda tidak hanya diajarkan Silat menyerang dan membela diri, tapi setiap anggota dibekali Ilmu Jurnalis seperti Ilmu Tehnik Penulisan berita, Trik Video Shoting dan Fotografer, Undang Undang KIP, UU Ite, bagaimana cara menjadi wartawan yang bermanfaat bagi masyarakat bukan wartawan 86 atau wartawan bodrek. karena cara mencari uang tidak sekedar 86, ada hal yang lebih baik dan halal. misalnya Iklan dan program sosialisasi, karena untuk iklan dengan wartawan yang hampir 500 orang abah gumay menerapkan system bagi hasil.
abah8
Uniknya sosok Abah Gumay ini  mampu mengendalikan media atau kepengurusan semuanya itu dari alam bebas, misalnya dari gunung , pohon, aliran sungai atau saat beliau tengah bercocok tanam sekalipun. karna abah Gumay  memang terkenal dengan kegemarannya yang sangat mencintai alam.

abah10

Lalu bagaimana bisa, media dikendalikan dibawah pohon di atas gunung?, dan bagaimana dengan rapat, sidang redaksi serta kegiatan lainnya?,

Kalau dahulu mungkin iya, pemimpin redaksi harus rapih, pakai dasi dan stelan jas, tampak terlihat keren. namun seiring perkembangan zaman semua berubah. saat ini jika ada rapat yang bersifat ringan, dapat kami lakukan cukup via telp dan bisa juga rapat di group WA. kecuali jika rapat internal di polda atau instansi lainnya.abah14

Untuk lay out, design, seting, upload , redaktur, wartawan, fotogragfer dan sebagainya kami telah mempunyai system dan manajemen yang profesional, bukan manajemen tukang bakso, kalau manajemen tukang bakso ya dia yang masak, dia yang promosi, dia yang menyajikan dia juga jadi kasir, besok kalau dia sakit tutuplah warungnya.

Tapi di sini berbeda, sudah ada bagian masing masing, semua mengerti tupoksi masing masing, kami belajar bersama, tidak nampak mana boss mana anak buah, manajemen kami kekeluargaannya tinggi yang aneh2 biasanya tidak lama.abah4

Untuk jurnalis kami banyak mengkaryakan pensiunan pensiunan TNI, Polri hingga Pns, mereka ketika tidak berdinas telah kembali kemasyarakat sebagai masyarakat sipil, biasanya setelah pelatihan, dapat Sertivikat, Dapat KTA, Surat Tugas dan Surat penempatan mereka yang terbiasa dilingkungan birokrasi tidak sulit beradaptasi menjadi wartawan, fotografer atau sesuai kemampuannya .abah21

Selain rekrut Para Purnawirawan kami juga memberi pelatihan secara sukarela untuk anak anak muda, pelatihan biasanya kami lakukan langsung terjun ke lokasi, anak anak baru diajarkan adaptasi biasanya awal  jadi wartawan, liputan yang diambil adalah mengenai banjir, bencana alam atau liputan ke polsek untuk cari berita, dan setelah mereka sudah mumpuni/siap, mereka sudah bisa jadi wartawan investigasi dan sebagainya.abah7

Pelatihan jurnalis, biasanya kami selenggarakan juga di alam bebas, lebih mengena dan lebih rilex, karena pelatihan diruang terbuka selain bisa belajar teori dengan fresh, dapat juga langsung latihan praktek. kalau di gedung gedung saya sudah bosan, ya cukup ketika ngajar di instansi saja ” pungkasnya.
abah11
Semua ini kami lakukan tidak sendiri, ada kawan kawan wartawan senior dari tni, polri dan lainnya, tanpa mereka saya juga bukan apa apa, ada Edy Usman ( wartawan Senior BNN ) ada Pakcik Mujiarto Karuk ( Purn. Polri) Kang Sihabudin Al Faiz ( wartawan Mabes) Anton pratama (Kombatpol), dll.

Saat ini team yang komplit dan solid menentukan segalanya.

Hera / Red

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

f5ee1c57-7e60-43e4-8983-4b2224d7b7cc

Arsip

Kategori