Monday, December 11th, 2017

Serentaun Kampung Situ ilir Cibungbulang hajatnya Para Seniman dan Budayawan Jawa Barat

Published on October 9, 2017 by   ·   No Comments

WhatsApp Image 2017-10-08 at 17.01.54WhatsApp Image 2017-10-08 at 16.56.02Bogor 8 Oktober 2017

Lingkung Seni Jigprak yang dipimpin oleh R. Nasan Sujana beralamat di Desa Situ Ilir Kecmatan Cibungbulang, Kesenian Topeng Jigprak dicetuskan pada tahun 1980 ini sedang mengadakan Hajat Besar , Serentaun mapaq taun sedekah bumi , santunan yatim, panti  jompo dipadepokan jigprak sekitar 80an orang.

Rangkaian acara selama 2 hari 2 malam tersebut sangat meriah dan sacral, dimulai dari Ziarah ke Makam Eyang Surya Kencana, tokoh agama, tokoh masyarakat dilanjutkan dengan santunan yatim dan jompo dan pagelaran seni budaya pencak silat, debus dan gendang pencak dan acara seni budaya lainnya.

Kabupaten Bogor.Topeng Jigprak diartikan sebagai sandiwara yang artinya silahkan mulai. Dalam pagelaran ini dimulai dengan keluarnya orang tua bertopeng, kemudian tari obor dan tari bahan warna hitam, merah putih lalu disusul dengan atraksi jigprak serta ditutup oleh drama komedi.

Saat kunjungan  KETUM tatar sunda Abah Gumay dan ketum seni topeng jigprak Abah Rd Nasan sudjana  yang Juga Penasehat Lembaga Tatar Sunda ini sempat  berdiskusi membahas seni budaya sunda yg hampir punah, abah sudjana sangat antusias dan menyambut hangat kedatangan ketum tatar sunda,beliau sangat respek  di era jaman yg semakin moderen  masih ada lembaga seni budaya  yg peduli mengangkat seni budaya sunda, apalagi tanpa bantuan dari pemerintah sama sekali, dalam hal ini bahkan beberapa pejabat calon kepala daerah yang hadir Cuma spanduknya saja, bantuan dan calon nya tidak hadir padahal undangan jauh jauh hari sudah dkikirim bahkan para calon tersebut yang menghubungi duluan minta diundang” ujar Abah Jana di padepokan yang saat itu didampingi Sekjend Seniman Budayawan Ki Haris.

Abah Gumay Berharap kedepannya semua kegiatan seni budaya ini mendapat perhatian dari pemerintah, untuk ini lembaga tatar sunda akan menggandeng Padepokan Jigprak dan semua Seniman budayawan sejawah barat dalam Pelestarian dan mempertahankan adat istiadat seni dan tradisi Sunda jawa barat dengan ada atau tidaknya perhatian dari pemerintah” pungkasnya.

Adam/Umseki Red

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

WhatsApp Image 2017-10-08 at 17.01.54

Arsip

Kategori