Friday, April 20th, 2018

Sunda Akur paguyuban dari timur kabupaten bogor

Published on September 10, 2017 by   ·   No Comments

Bogor 10 September 2017

 WhatsApp Image 2017-09-09 at 22.18.03 WhatsApp Image 2017-09-09 at 22.23.13 WhatsApp Image 2017-09-09 at 21.41.11 WhatsApp Image 2017-09-09 at 22.16.34

Diselah kesibukan luar biasa dari Ketua Umum Paguyuban Sunda Akur, H. Deden Setia Nugraha alias kang Ibeng yang juga Lurah Desa Sinarasa Kecamatan Tanjungsari menyempatkan diri Berbincang dengan Tatar Sunda mengenai Organisasi Sunda akur

Pria yang akrab disebut Kang Ibeng atau Lurah Ibeng ini mengatakan, keberadaan organisasi Sunda Akur merupakan sebuah oraganisasi pemersatu warga Sunda, khususnya yang ada di Kabupaten Bogor dan umumnya warga Jawa Barat.

“Dalam mempertahaankan seni dan budaya serta kearipan lokal, kami bergerak dari timur Kabupaten Bogor sebagai ibarat matahari terbit yang selanjutnya menerangi bumi ini, begitu juga Sunda Akur kami datang dari timur yang akan menerangi bumi Pasundan dengan kearifan lokal,” pungkas Ibeng.

Sebagai perkumpulan yang bernuansa Etnik Sunda dengan slogan Urang Sunda Kudu Akur, tidak ingin ada perpecahan diantara warga hanya karena permasalahan dukung mendukung.

Berbagai kegiatan dilakukan lurah ibeng yang yang sangat padat tidak membuat dirinya melupakan organisasi yang dipimpinnya, berbagai kegiatan social dan kemasyarakatan dilakukannya antara lain

aksi sosial. Setelah sebelumnya, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Buana Jaya dan Majelis Ta’lim di Desa Sirnarasa, kini giliran Desa Cibadak Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor.

Salahsatu warga Kampung Cikadu, Babakan Salam Desa Cibadak Darta (80) mendapat giliran bedah rumah dari Sunda Akur. Rumah kakek tua renta dibangun berukuran 5×6 meter karena sudah tidak layak lagi dihuni.

lurah Ibeng  memimpin langsung pembangunan RTLH. Hadir dalam bedah rumah, Kepala Desa Cibadak H. Suhaeri dan beberapa staff serta unsur pembina desa.

“Setelah menerima informasi ada kakek tua berumur delapan puluh tahunan yang hidup sebatang kara di rumah yang tidak layak huni, saya langsung menghubungi kades. Setelah dicek ke lokasi, saya dan teman-teman paguyuban langsung memutuskan untuk pembangunan, situasi sekarang yang semakin sulit ekonomi membuat pihaknya tergugah. Apalagi kakek Darta hidup sendiri dan sudah tidak bisa beraktifitas. “Ini bentuk kepedulian kami terhadap sesama”

Rumah Aspirasi Sunda Akur (Rasa Sukur) yang merupakan markas sunda akur di Kampung Serena, Desa Sirnarasa Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor diresmikan, Kamis (9/6). Ketua Paguyuban Sunda Akur H. Deden Setya Nugraha SH alias Lurah Ibeng mengatakan, peresmian itu merupakan wujud kebersamaan anggota Sunda Akur.

 “Rumah aspirasi ini merupakan wadah untuk menyatukan pandangan dalam paguyuban. Juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat. Situasi seperti sekarang ini, harus proaktif dalam mengemban program paguyuban,” tutur ibeng

Cahyadi/Tenor Tatar Sunda

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

addie ms

Arsip

Kategori