Thursday, July 19th, 2018

KH Ade wahidin kyai yang dekat dengan Pejabat dan Masyarakat

Published on July 12, 2017 by   ·   No Comments

pesantren Aljihadiyyah diasuh oleh KH  Ade wahidin di desa cikedokan kec bayongbong garut yg merupakan salah satu dari sekian pesantren tertua di kab garut yg berdiri sejak thn 1800 an.

bermula dari kedatangan seorang ulama asal banten syaihuna aliyul mukarom yg kemudian mendirikan pesantren di kampung urug yg sekarang dikenal pesantren urug.

WhatsApp Image 2017-07-12 at 09.35.16 (1)WhatsApp Image 2017-07-12 at 09.34.32WhatsApp Image 2017-07-12 at 09.35.16WhatsApp Image 2017-07-12 at 09.37.25
Setelah itu beliau kembali lagi dan meninggalkan penerus kedua syaihuma mama kh abdul wahhab dari sini pesantren urug berkembang lalu ke syaihuna kh adro’i yg belajar agama di ngampel lalu ke syaihuna mama kh Bakri dlm era mama kh bakri sekira tahun 70 han saat gencar gencarnya kejayaan orba pesantren ini menjadi tempat berkumpul para petinggi negara bahkan gibernur jabar waktu itu àang kunaepi jaga datang menjambangi.

Sosok mama kh bakri yg juga dikenal ahli dlm bidang hukum keagamaan namun sangat membuka ruang ijtijad sering diminta para ulama bahkan diluar jabar utk menyelesaikan perselisihan dlmemahami bidang ke agamaan termasuk salah satunya menyelesaikan masalah jamaatul wasliyah di medan… setelah beliau wapat lalu dilanjutkan oleh akhli wayisnya sampai sekarang pesantren urug di pimpin oleh KA A wahidin yg merupakan generasi ke 6 dari syaihuna aliyul mukarom.. mungkin mewarisi darah ulama pejuang dan pergerakan sosok ini kadang sangat ageresif apabila melihat ketidak adilan ditengah masyarkat dua bupati garut pun tidak berkutik ketika beliau memimpin pergerakan karena korupnya sang bupati yaitu agus supriadi..yg akhirnya dilengserkan dan dipenjara demikian juga dgn Bupati Aceng fikri yg terkenal dgm kasus nikah sirinya berakhir dgn dilengserkannya.. tdk hanya itu org yg akrab di panggil mang ade ini sering diminta utk ikut terlibat dalm menyelesaikan berbagai kasus sara, sosial, bahkan budaya dari berbagai daerah termasuk menyambangi DPR RI dlm kasus maraknya Pemancungan TKWTKI ditimur tengah, ke istana ptesiden era SBY dlm kasus KARYAWAN PT TELKOM, kota bekasi dlm kasus mukhtar muhamad dan subang dlm kasus bupati eep Sehingga berbagai penghargaan dan sertifikat beliau terima diantaranya sertifikat dari Seminar Sespim sespati dik reg 2 dari firman gani, pencanangan gong perdamaian dari pa nanan. Rumusan pembenahan ormas lsm dari pa haerudin. Juga dari mahkamah konstitusi .. dan masih banyak yg penghargaan yg lain dlm kiprah beliau.

Beristrikan Reni Rahmawati serta dikaruniai 5 org putra dan 1 cucu semangat beliau tidak pernah kendor.. meskipun kegiatan di pesantren begitu sibuk dari mulai mengelola paud,tk,diniyah,dan pesantren salafiah, pengajian rutin mingguan,acara tawasulan dan istigosah setiap malam jumat, pembahasan tafsir alquran tiap lepas maghrib.
Melayani undangan ceramah dll. Justru semangatnya malah makin menggebu… “mumpung masih hidup” katanya.

ed/gumay

Readers Comments (0)




TOPBOGOR on TV


Selebriti Politik Pekan Ini

Tokoh Pekan Ini

IMG-20170402-WA0036

Arsip

Kategori